Thursday, February 19, 2015

Modifikasi moving averages, indikator sejuta umat

Kata teman, indikator yang paling banyak digunakan dalam trading forex adalah moving averages(MA). Entah dapat angka survey darimana tetapi dia mampu membuat saya terkesima mendengarkan penyataan tersebut.

Indikator ini sudah terpasang otomatis ketika pertama kita menginstall Metatrader4 (MT4).

Fungsi indikator ini adalah untuk mengetahui arah pergerakan market dengan cepat.
Garis yang terbentuk ketika kita memasang indikator ini merupakan nilai rata-rata dari beberapa candle terakhir yang bisa ditentukan menurut keinginan kita. Karena harga bergerak secara dinamis maka indikator ini-pun juga bergerak dinamis mengikuti kemana arah market.

Kata teman saya, sebenarnya pergerakan market hanya memiliki 3 pola saja yaitu: bullish, bearish dan sideway.Ketika kita mampu memprediksi pergerakan tersebut, maka kesuksesan sudah ada di depan mata..
Tetapi sayang, untuk memprediksi pergerakan market adalah pekerjaan yang sangat sulit.
Ada yang berpendapat bahwa forex adalah "zero sum games" dimana ketika ketika kita terjun di bisnis ini, puncak prestasi bisnis ini adalah 0 (kita tidak untung dan juga tidak rugi) saja.

Artinya jika saat ini kita sedang untung, maka transaksi selanjutnya dipastikan kita akan rugi.
Periode pergantian kondisi untung ke rugi atau rugi ke untung tersebut hukumnya adalah pasti.
Akumulasi pergantian pola untung rugi tersebut ada yang pendek maupun panjang.
Ada yang berputar setelah satu jam, satu hari, minggu, bulan bahkan tahun.

Saya pribadi belum mampu berpendapat banyak mengenai apa yang teman saya sampaikan tersebut mengingat jam terbang saya masih sangat minim.

Indikator yang saya bagikan dibawah ini adalah salah satu dari modifikasi Moving average bawaan MT4.
Dengan indikator ini saya berharap suatu saat bisa membuktikan kalau teori yang teman saya sampaikan diatas adalah salah.

Kalau pada MA bawaan MT4 hanya mampu menampilkan satu warna saja, indikator ini mampu menampilkan 3 warna.
Ketika bullish warna MA adalah hijau, sideway kuning dan bearish merah.
Dengan perubahan warna tersebut saya berharap akan mampu mendeteksi perubahan trend secara lebih cepat.
Siapa tahu dengan indikator sederhana ini saya akan mampu mencetak profit secara lebih konsisten,
Agar teman saya mau meralat teorinya tentang "zero sum games" diatas...
File size: 3,58 KB
Credit source: www.mql5.com

No comments :

Post a Comment